1.  em4 - KL

2.  EM 4+5 khas untuk padi dari langgar Kedah

3. Cara buat baja organik bokasi EM4

4. BOKASHI FERTILIZER MAKING

5. Baja IMO ( edisi 1)

6. Baja IMO (edisi 2)

***************************************************************************************************************************************************************

Penanaman Halia
Nama Saintifik:	Zingiber officinale Roscoe
Penanaman:	Bahan tanaman boleh dibiakkan dengan menggunakan rizom yang matang. Halia boleh 
ditanam di atas batas dengan jarak tanaman 25 cm antara pokok dalam baris dan 45 cm antara baris. 
Rizom ditanam pada kedalaman 10 cm. Pengutipan hasil hendaklah dijalankan pada 7-8 bulan selepas 
menanam. Kadar pembajaan yang diperlukan bagi tanah bris ialah 10 t/ha najis ayam dan 1.5 t/ha 
baja sebatian NPK=12:12:17:2+TE (sama seperti kacang tanah diberikan dalam pecahan 4-5 kali untuk 
setiap musim penanaman. Potensi hasil bagi halia muda dan matang ialah 8-12 t/ha dan 15-22 t/ha.

Kegunaan:	Rawatan untuk meningkatkan aktiviti perut, membuang angin dalam perut, sebagai bahan 
perangsang, untuk mengeluarkan peluh, merangsang pengeluaran air liur, untuk meningkatkan 
pencernaan, kembung, sakit perut, mual, selsema, batuk, demam, lelah, mengatasi masalah kekejangan
semasa haid, menggalakkan haid, sebagai tonik atau peransang, sebagai ramuan untuk mengurut 
wanita selepas bersalin, dan bahan perasa dalam masakan.

 

***************************************************************************************************************************************************************

Baja IMO

Baja ni bagus untuk semua jenis tanaman. Tade bahan kimia, semua bahan - bahan yang digunakan adalah dari sumber asli dan persekitaran. daripada IMO 1 - hingga IMO 5 , menggunakan bahan-bahan sedia ada yang diekstrak dari tumbuhan dan haiwan

Cth yang kami bagi kat sini

IMO 1 = amik nasi dingin bubuh dalam bekas dan letak bawah pokok buluh, lepas 2-3 mlm nasi diliputi kulat putih.

IMO2 = IMO 1 tadi campur ngan gula merah

IMO3= IMO 2 campur dgn air beras + dedak

IMO4 = IMO 3 campur tanah dan simpan .. bolih guna sampai setahun

IMO 5 plak = IMO 4 + dengan najis haiwan. .. so IMO 5 inilah yang digunakan sebagai baja.

Dalam baja IMO ni mempunyai banyak kelebihan. Tanah bolih jadi gembur,subur, produktiviti tanaman bolih meningkat 40 - 60 peratus dan kurangkan penyakit

Setakat ini kami sudah mencuba baja IMO ni untuk banyak tanaman. Sayur, serai, getah , kelapa sawit dan pokok buah limau madu.Hasil nya memuaskan .

goto top

***************************************************************************************************************************************************************

cara membuat IMO (natural Farming)

IMO 1
-ambik nasi putih dan masukkan dalam bekas plastik(jgn besi)
-bekas tu biar tinggi sikit bentuk segiempat atau bulat..
-ratakan nasik tadi lebih kurang tebal 2-3 inci...
-tutup bekas tadi dgn kertas putih dan ikat dengan tali...
- letak bekas tadi bawah pokok buluh dan tutup dgn daun buluh...
-biar 2 malam...
-misilium putih akan tumbuh selepas 2 malam

IMO 2
-imo 1 + gula merah (kadar 1:1 dalam berat) 
-gaulkan hingga cair dan rata...
-masukkan dalam bekas plastik (bekas gula2) dan tutup ngan kertas
-biar selama 5-7 hari...
-maka jadila IMO 2

IMO 3
-ambil 3 liter beras yang telah diperam 2-3 malam...
-campurkan air beras tadi dengan 20gm IMO 2 dan campur dengan 5kg dedak...
-gaulkan hingga rata (mcm gaul simen)
-letak ditempat teduh, pastu tutup dengan guni kain atau kertas...
-simpan 5 hari....
-timbunan akan panas dan maisilium akan keluar...
-jadila IMO 3

IMO 4
-IMO3 + tanah peroi ( kadar 1:1 sukat guna bekas)
-gaul hingga rata
-tutup timbunan dengan plastik
-timbunan akan jadi panas dan ader maisilium
-simpan 5 hari....
-jadila IMO 4
-IMO 4 ni boleh simpan 2-3 bulan

IMO 5
-IMO 4 + tahi ayam (1:10 sukat dengan bekas)
-gaulkan dan tutup dengan plastik
-lepas 7 hari jadi la IMO 5..

begitu la alkisahnya...
kalau nak pakai hampas kelapa sawit pun boleh...
mase IMO 5 tu, tukar la tahi ayam tu dgn tahi aper2 or hampas kelapa sawit...

 

goto top

***************************************************************************************************************************************************************

 

CARA BUAT EM 4

 

Sebenarnya membuat EM itu mudah,nah ini saya beri tahu cara membuat EM4

1.alat dan Bahan

* 2 ltr susu sapi murni
* isi perut ayam/kambing

* 1Kg gula pasir
* 1Kg bekatul (dedak halus)
* 1 buah nanas
* 1/2 Kg terasi (belacan)
* 10 ltr air bersih
* panci (pressure cooker/periuk)
* parutan/blender
* kompor


2.Cara membuat

* Haluskan buah nanas menggunakan parutan atau blender.Campurkan dengan gula pasir,bekatul,tersi,dan air bersih kedalam panci,masak hingga mendidih,kemudian dinginkan
* tambahkan susu sapi murni dan isi lambung,aduk hingga merata
* tutup panci rapat-rapat selama 12 jam
* Pembuatan EM dianggap berhasil jika muncul gelembung-gelembung dipermukaan bahan

Nah mudah kan! kalau pembuatan EM4 berhasil maka kita akan mudah untuk membuat pupuk bokasi EM. 

Sumber :http://ucihaprasetio.blogspot.com/2009/07/cara-membuat-em4.html

 

goto top

***********************************************************************************************************************************************************************

pembuatan bokasi

Filed under: pertanian by ahmadsarbini  Leave a comment

January 10, 2008

TEHNIK PEMBUATAN BOKASI

 

Latar Belakang

Pembangunan pertanian secara alami yang ramah lingkungan saat ini banyak dilakukan untuk menghasilkan bahan makanan yang aman, serta bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya dan beracun. Pembangunan pertanian alami ini semula hanya menerapkan sistem pertanian organik, tetapi ternyata hasilnya hanya sedikit. Dalam tahun 1980-an, Prof Dr. Teruo Higa memperkenalkan konsep EM atau Efektive Mikroorganisms pada praktek pertanian alami tersebut. Teknologi EM ini telah dikembangkan dan digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah, menekan pertumbuhan mikroba yang menyebabkan penyakit, dan memperbaiki efisiensi penggunaan bahan organik oleh tanaman. Pada pembuatan bokashi sebagai salah satu pupuk organik, bahan EM meningkatkan pengaruh pupuk tersebut terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman.

Beberapa pengaruh EM yang menguntungkan dalam pupuk bokashi tersebut adalah sebagai berikut:

- memperbaiki perkecambahan bunga, buah, dan kematangan hasil tanaman

- memperbaiki lingkungan fisik, kimia, dan biologi tanah serta menekan pertumbuhan hama dan penyakit dalam tanah

- meningkatkan kapasitas fotosintesis tanaman

- menjamin perkecambahan dan pertumbuhan tanaman yang lebih baik

- meningkatkan manfaat bahan organik sebagai pupuk

Berdasarkan kenyataan di lapangan, persediaan bahan organik pada lahan pertanian sedikit demi sedikit semakin berkurang. Jika hal tersebut tidak ditambah dan segera diperbaiki oleh petani maka penurunan produksi akan terjadi pada tanaman-tanaman pertanian, seperti padi, palawija dan sayuran.

Berbicara mengenai masalah penurunan produksi, tentunya bukan saja menjadi masalah petani atau masyarakat, tetapi juga merupakan masalah bagi pemerintah daerah dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan dan ekonomi rakyat. Hal ini seyogyanya harus menjadi bahan pemikiran bagi pemerintah daerah dalam mengatasinya secara bijak.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, pada tahun anggaran 2003 ini Pemda Kabupaten Pandeglang secara khusus mengalokasikan dananya melalui Proyek Peningkatan Produksi Padi Palawija dan Sayuran. Pada kegiatan Proyek ini terdapat pertemuan teknis yang berisikan materi pengaruh penggunaan pupuk bokashi terhadap produksi padi palawija dan sayuran, dan materi tehnik pembuatan bokashi. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan petani dalam masalah penggunaan pupuk bokasi secara praktis di lapangan.

 

Manfaat Bokashi

Untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi pertanian, khususnya tanaman pangan, sangat perlu diterapkan teknologi yang murah dan mudah bagi petani. Tehnologi tersebut dituntut ramah lingkungan dan dapat menfaatkan seluruh potensi sumberdaya alam yang ada dilingkungan pertanian, sehingga tidak memutus rantai sistem pertanian.

Penggunaan pupuk bokashi EM merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada pertanian saat ini. Pupuk bokashi adalah pupuk organik (dari bahan jerami, pupuk kandang, samapah organik, dll) hasil fermentasi dengan teknologi EM-4 yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanah dan menekan pertumbuhan patogen dalam tanah, sehingga efeknya dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman.

Bagi petani yang menuntut pemakaian pupuk yang praktis, bokashi merupakan pupuk organik yang dapat dibuat dalam beberapa hari dan siap dipakai dalam waktu singkat. Selain itu pembuatan pupuk bokashi biaya murah, sehingga sangat efektif dan efisien bagi petani padi, palawija, sayuran, bunga dan buah dalam peningkatan produksi tanaman.

 

Bahan dan Cara Pembuatan Bokashi

a. Pembuatan Bokashi Pupuk Kandang

- Bahan-bahan untuk ukuran 500 kg bokashi :

1.

Pupuk kandang

=

300 kg

2.

Dedak

=

50 kg

3.

Sekam padi

=

150 kg

4.

Gula yang telah dicairkan

=

200 ml

5.

EM-4

=

500 ml

6.

Air secukupnya

 

 

- Cara Pembuatannya :

1. Larutkan EM-4 dan gula ke dalam air

2. Pupuk kandang, sekam padi, dan dedak dicampur secara merata

3. Siramkan EM-4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30 %

4. Bila adonan dikepal dengan tangan, air tidak menetes dan bila kepalan tangan dilepas maka adonan susah pecah (megar)

5. Adonan digundukan diatas ubin yang kering dengan ketinggian minimal 15-20 cm

6. Kemudian ditutup dengan karung goni selama 4-7 hari

7. Petahankan gundukan adonan maksimal 500 C, bila suhunya lebih dari 500 C turunkan suhunya dengan cara membolak balik

8. Kemudian tutp kembali dengan karung goni

9. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan

10. Pengecekan suhu sebaiknya dilakukan setiap 5 jam sekali

11. Setelah 4-7 hari bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk organik

 

b. Pembuatan Bokashi Jerami Padi

- Bahan-bahan untuk ukuran 1000 kg bokashi :

1.

Jerami padi yang telah dihaluskan

=

500 kg

2.

Pupuk kotoran hewan/pupuk kandang

=

300 kg

3.

Dedak halus

=

100 kg

4.

Sekam/Arang Sekam/Arang Kelapa

=

100 kg

5.

Molase/Gula pasir/merah

=

1 liter/250 gr

6.

EM-4

=

1 liter

7.

Air secukupnya

 

 

- Cara Pembuatannya:

Membuat larutan gula dan EM-4

1. Sediakan air dalam ember sebanyak 1 liter

2. Masukan gula putih/merah sebanyak 250 gr kemudian aduk sampai rata

3. Masukan EM-4 sebanyak 1 liter ke dalam larutan tadi kemudian aduk hingga rata.

Membuat pupuk bokashi

1. Bahan-bahan tadi dicampur (jerami, pupuk kandang, arang sekam dan dedak) dan aduk sampai merata

2. Siramkan EM-4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan (campuran bahan organik) secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30 %

3. Bila adonan dikepal dengan tangan air tidak menetes dan bila kepalan tangan dilepas maka adonan masih tampak menggumpal

4. Adonan digundukan diatas ubin yang kering dengan ketinggian minimal 15-20 cm

5. Kemudian ditutup dengan karung berpori (karung goni) selama 3-4 hari

6. Agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik perhatikan agar suhu tidak melebihi 500 C, bila suhunya lebih dari 500 C turunkan suhunya dengan cara membolak balik

7. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan

8. Setelah 4-7 hari bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk organik.

 

c. Pembuatan Bokashi Cair

- Bahan-bahan untuk ukuran 200 liter bokashi cair :

1.

Pupuk kotoran hewan/pupuk kandang

=

30 kg

2.

Molase/Gula pasir/merah

=

1 liter/250 gr

3.

EM-4

=

1 liter

4.

Air secukupnya

 

 

- Cara Pembuatannya:

1. Isi drum ukuran 200 liter dengan air setengahnya

2. Pada tempat yang terpisah buat larutan molase sebanyak 1 liter, dengan cara mencampurkan gula putih/merah sebanyak 250 gram dengan air sebanyak 1 liter

3. Masukan molase tadi sebanyak 1 liter bersama EM-4 sebanyak 1 liter ke dalam drum, kemudian aduk perlahan-lahan hingga rata

4. Masukan pupuk kandang sebanyak 30 kg dan aduk perlahan-lahan hingga bersatu dengan larutan tadi

5. Tambahkan air sebanyak 100 liter hingga drum menjadi penuh, kemudian aduksampai rata dan tutup rapat-rapat

6. Lakukan pengadukan secara perlahansetiap pagi selama 4 hari. Cara pengadukan setiap hari cukup lima putaran saja. Setelah diaduk biarkan air larutan bergerak sampai tenang lalu drum ditutup kembali

7. Setelah 4 hari bokashi cair EM-4 siap untuk digunakan.

Catatan:

Bila tidak ada molase, setiap macam gula dapat digunakan sebagai penggantinya. Beberapa bahan pengganti tersebut adalah nira tebu gula, sari (juice) buah-buahan,dan air buangan industri alkohol

Jumah kandungan air adalah merupakan petunjuk. Jumlah air yang perlu ditambahkan tergantung pada kandungan air bahan yang digunakan. Jumlah air yang paling sesuai adalah jumlah air yang diperlukan membuat bahan-bahan basah tetapi tidak sampai berlebihan dan terbuang.

 

Penggunaan Pupuk Bokashi untuk

Padi, Palawija dan Sayuran

Bahan bokashi sangat banyak terdapat di sekitar lahan pertanian, seperti misalny jerami, pupuk kandang, rumput, pupuk hijau, sekam padi, sebuk gergaji, dan lain-lain.

Semua bahan organik yang akan difermentasi oleh mikroorganisme frmentasi dalam kondisi semi anaerobik pada suhu 40-500 C. Hasil fermentasi bahan organik berupa senyawa organik mudah diserap oleh perakaran tanaman.

a. Cara penggunaan secara umum :

- 3-4 genggam bokasi (150-200 gram) untuk setiap mtr persegi tanah disebar marata diatas permukaan tanah. Pada tanah yang kurang subur dapat diberikan lebih.

- Untuk mencampurkan bokashi ke dalam tanah, tanah perlu dicangkul/bajak. Penggunaan penutup tanah (mulsa) dari jerami atau rumput-rumputan kering sangat dianjurkan pada tanah tegalan. Pada tanah sawah pemberian bokashi dilakukan sebelum pembajakan tanah.

- Biarkan bokashi selama seminggu, setelah itu baru bibit ditanam.

- Untuk tanaman buah-buahan, bokasi diebar merata dipermukaan tanah/perakaran tanaman dan siramkan 3-4 cc EM-4 perliter air setiap minggu sekali.

b. Cara penggunaan secara khusus :

- Bokashi jerami dan bokashi pupuk kandang baik dipakai untuk melanjutkan fermentasi penutup tanah (mulsa) dan bahan organik lainnya di lahan pertanian juga banyak digunakan pada tanah swahkarena ketersediaan bahan yang cukup.

- Bokashi jerami dan bokashi pupuk kandang baik dipakai untuk pembibitan/ menanam bibit yang masih kecil.

- Bokashi expres baik digunakan sebagai penutup tanah (mulsa) pada tanaman sayur dan buah-buahan.

 

goto top

 

***************************************************************************************************************************************************************************************

EM-4 dipercayai dapat mengurangkan bau busuk, menghalau kedatangan serangga seperti lalat, semut etc dan memastikan kebersihan tempat arnab saya  Em-4 juga akan menjadikan arnab / ternakan menjadi lebih sihat, cergas dan bulunya akan tumbuh cantik  Memang tak sabar nak mencubanya

Sukatan EM-4 seperti berikut: -

Air minuman haiwan 1:200, dengan kekerapan setiap 7 @ 10 hari. Atau untuk lebih mudah, 7.5ml Em-4 : 1.5 liter air.

Semburan kandang / reban ternakan 1:50 -100, dengan kekerapan setiap 7 @ 10 hari

Yang saya tulis di sini hanya sukatan untuk arnab .. ada banyak lagi kegunaannya seperti untuk tanaman cendawan, rawatan biji benih, rawatan bau, semburan tanaman, rumah kaca / tanaman pasu, hidupan air / ikan (kolam) etc .. sesapa nak tau lebih lanjut leh komen di ruangan yang disediakan  sesapa nak dapatkan EM-4 nie juga leh hubungi saya di 012-238 0538 .. ( kat pic nie Em-4, 4 liter, jualan dibuka utk 500ml dan 1 liter EM-4. Saya akan pos dengan menggunakan courier GDEX..)


 

*** EM-4 wujud daripada EM-1, bahan aktif yang sedia digunakan daripada larutan bahan penapaian.

***** Untuk pastikan samada EM-4 masih elok atau tidak, pastikan baunya berbau masam-masam manis..baunya seumpama buah kerana EM-4 ini dibuat daripada buah. Jika disimpan dengan baik, iaitu EM-4 disimpan di tempat yang tidak mempunyai haba yang tinggi dan tidak bergoyang..ia boleh tahan sehingga 2 bulan. Jika EM-4 anda berbau busuk seperti telur busuk atau hanyir, maknanya EM-4 tersebut sudah tidak boleh digunakan lagi. Jawapnya, buang sahajalah ke dalam longkang..

Ini pula pengertian Em-4 yang dikupas dengan lebih lanjut untuk lebih pemahaman ..

EM-4, effective mikroorganisme ialah mikroorganisma yang terdiri daripada organisma Lactobacillus sp. bakteria pengeluar asid laktat, serta dalam jumlah yang sedikit bakteria fotosintetik Streptomyces sp. dan ragi. EM-4 mampu meningkatkan dekomposisi sisa dan sampah organik, meningkatkan kandungan nutrisi tanaman serta menghapuskan serangga perosak dan mikroorganisma patogen.
EM-4 boleh diaplikasi bagi tujuan pertanian, perternakan, perladangan dan penghasilan baja kompos dan ianya dapat meningkatkan kesihatan, pertumbuhan, kuantiti dan kualiti pengeluaran tanaman atau ternakan secara berterusan.
EM-4 juga boleh digunakan untuk mempercepat pengomposan sampah organik atau kotoran haiwan, membersihkan air sisa, serta meningkatkan kualiti air pada kolam udang dan ikan.

MANFAAT EM-4

  • Memperbaiki sifat fizikal, kimia dan biologi tanah.
  • Meningkatkan ketersediaan nutrisi tanaman, serta menekan aktiviti serangga perosak dan mikroorganisma patogen.
  • Meningkatkan dan menjaga kestabilan pengeluaran tanaman dan menjaga kestabilan pengeluaran.
  • Mempercepat proses fermentasi pada pembuatan Kompos. Kompos yang dibuat dengan teknologi EM disebut dengan bokashi.
  • Memperbaiki komposisi dan jumlah mikroorganisme pada perut ternakan sehingga pertumbuhan dan pengeluaran ternakan meningkat.

APLIKASI EM-4 DI BIDANG PETERNAKAN

  • Mengurangkan pencemaran bau khususnya pada kandang ternakan dan lingkungan sekitarnya.
  • Mengurangkan stress pada ternakan
  • Menyihatkan ternakan
  • Menyeimbangkan mikroorganisma di dalam perut ternakan
  • Meningkatkan nafsu makan ternak
  • Menekan penyakit pada ternakan
  • Meningkatkan kualiti dan kuantiti pengeluaran ternakan

Cara Penggunaan:

Sebagai air minum ternak, (sukatan nie juga boleh digunakan selain daripada yang saya nyatakan di atas)

Larutkan 1 cc EM-4 pada satu liter air minum setiap hari.Larutkan 1 cc EM-4 pada satu liter air, dicampurkan ke dalam air minuman ternakan.

Untuk mengelakkan bau kotoran dan kandang ternakan

Larutkan EM-4 dan Molas ke dalam air dengan perbandingan 1:1:100 kemudian disimpan di dalam tempat yang tertutup rapat selama 1-2 hari kemudian digunakan untuk menyembur kandang dan pada badan ternakan dengan dos 10 cc larutan dengan 1 liter air.

 

goto top

********************************************

Baja Rawatan Padi Mikrob EM4+5 Hasil Sehingga 3 ton Serelung

goto top

 Baja Rawatan Padi Mikrob EM4+5 Hasil Sehingga 3 ton Serelung  - photo 1

 

Kami menjual dan menerima tempahan baja untuk rawatan padi dan tumbuhan Mikrob EM 4 + 5. Dengan menyembur baja cecair Effective Microorganism ini, hasil padi akan meningkat sehingga 3 ton serelung. Mikrob ini berfungsi semulajadi:
- Membaikpulih tanah menjadi subur
- Menghilangkan jerlus
- Menumbuhkan, memanjangkan akar 2 kali ganda
- Menumbuhkan anak padi baru dengan cepat dan banyak
- Meningkat ketahanan pokok terhadap penyakit
- Menghasilkan tangkai padi lebih panjang
- Batang padi besar, keras, daun menegak
- Mencegah hawar seludang dan kebusukan
- Mencegah ulat batang
- Mencegah cacing nematod
- Padi angin berisi tidak gugur

Cara Mengguna: Semburan
Saiz: 1 botol 2 litre untuk 4 relung
Cara semburan: 1 tudung 1 pam ( Satu relung 5 Pam ) 
HARGA: RM70.00 (Termasuk kos penghantaran)

Harga di kedai: RM50.00

Anda tinggal di Kedah boleh datang tengok di kedai kami
beralamat:

ZUL GUNTING RAMBUT
No.177, Pekan Nat Lama Langgar
06500 Langgar Kedah

Sila tel terlebih dahulu untuk datang HP: 019-4494145
 
Advertiser: Ijara Enterprise
Location: Langgar, Kedah, Malaysia
Date: Friday, 19 November 2010, 16:28
Ad ID: 117185
Phone    0134563912
Send a comment to Ijara Enterprise    Send Email

goto top

 

 

EM 4 + 5 Rawatan Tanah Sawah dan Padi 6 Months, 1 Week ago

goto top

 

Karma: 0
Kami menjual/Menerima tempahan Produk Baja Mikrob EM 4 + 5 Rawatan Tanaman Padi. Dengan Menyembur Baja Mikrob ini dapat memulihkan struktur kesuburan tanah sawah secara semula jadi, memulihkankan tanah jerlus, meningkatkan hasil padi sehingga 3 ton serelung.

Bagaimana hasil meningkat:

1. Akar pokok padi panjang dua kali 
ganda untuk menyerap nutrien baja
2. Anak-padi dan pucuk baru tumbuh 
banyak dan cepat
3. Tangkai padi panjang (200 biji)
4. Batang pokok keras dan daun tegak
5. Berdaya tahan penyakit 
6. Mencegah ulat batang/gondang 
mas/hawar daun

Jemput datang ke kedai kami untuk melihat produk fo alamat berikut

Zul Gunting Rambut
177, Pekan Nat Lama
Langgar Kedah Darulaman

Sila telefon dahulu untuk datang 

019-4494145 

goto top

 

******************************************************************************************************************************

BOKASHI FERTILIZER MAKING
 

Picture
 
MANUFACTURING TECHNIQUES SOLID FERTILIZER Bokashi & CAIR 

HOW TO MAKE Bokashi (for 1 ton) 

A. Bokashi Solid 

Material: 
- 200 kg of green leaves (green leaves, remaining vegetables, straw, chaff, etc.) 
- 750 kg of manure (feces goats, chickens, cows, etc.) 
- Bran / 50 kg bran (dedak halus)
- EM-4 1 liter 
- Sugar solution, 1 kg per 10 liters of water 
- Water to taste 

Stages of Creation: 
1. Cut the wet garbage (3-5 cm), except when using the chaff 
2. Combine the wet waste - manure - bran / bran, to mix 
3. Dissolve EM-4 + water sugar in 200 liters of water. 
4. Slowly Siramkan solution evenly into the mixture of wet garbage, dirt-bran. Do it until the water content in the dough reached 30 - 40%. Sign, when a mixture of fists, the water does not come out and when the fist is opened, the dough does not fall apart. 
5. Lay the dough on a dry floor with a thickness of 15 to 20 cm, then cover with burlap or canvas sacks for 5 to 7 days. 
6. In order for the dough temperature is not too hot due to the fermentation happens, stir the mixture every day until the temperature can be maintained in the range of 45 to 50 degrees Celsius. 
7. After a week, ready to use bokashi fertilizer. 

Applications: 
For annual crops such as rubber, cocoa, and others, use as fertilizer bokashi solid foundation. Two kilograms bokashi mixed with soil and buried in the planting hole. 

B. Bokashi Liquid (to 200 liters) 

Material: 
- 30 kg of manure (feces goats, chickens, cows, etc.) 
- Green leaves (to taste) 
- EM-4 1 liter 
- Sugar 1 kg of sand 
- Terasi 1 kg 
- 200 liters of clean water 
- Can also added 2 kg of NPK fertilizer to enrich the nutritional 

Stages of Creation: 
1. Mashed Manure 
2. Granulated sugar - Terasi - EM-4 - NPK dissolved in water 
3. Mixture of manure and sugar solution is inserted into the plastic drum and then add water until the volume reached 200 liters. 
4. Sealed drums. Each day was opened and stirred for 15 minutes. 
5. Bokashi liquid will be ready for use after 5 to 7 days. 

Applications: 
1 liter bokashi mixed with 9 liters of clean water. Furthermore, siramkan in the soil around plants or sprayed on the leaves as much as 0.25 to 1 liter depending on the type of plants. 

Hopefully this useful reading material. 

================================================== ====================== 

Making fertilizer or EM Effective Microorganisme 

EM fertilizer is organic fertilizer made by using a bacterial fermentation process (microorganisme). Organic waste with EM process can be a useful organic fertilizer improve soil quality. 

Steps Beriikut fertilizer using EM: 

Making bacteria destroyer (EM). 

Materials: 

* Milk a cow or goat's milk pure. 
* The contents of the intestine (chicken / goat), which is needed is a bacterium in the gut. 
* A quarter kilogram of shrimp paste (made from head / shrimp shells, fish heads) + 1 kg sugar sand (sugarcane juice) + 1 kg bran + 1 piece of pineapple + 10 liters of clean water. 

The tools needed: 

Pans, stove and blender / grated to refine the pineapple. 

How to manufacture: 

* Concentration, sugar, bran, pineapple (mashed with a blender) cooked so that other bacteria that do not need to die. 
* After boiling, the cooled pastry. 
* Add milk, intestinal contents of chickens or goats. 
* Closed meetings. After 12 hours of bubbles arise. 
* When you are ready so will be thick / sticky. 

It should be noted that milk was not stale because the ability of bacteria was reduced. While the pineapple is a utility to remove the smell of the bacteria. 

How to Breeding Bacteria 
To save money, EM4 bacterial seed purchased in stores or cooperatives can be grown saprotan own, so that the needs of organic fertilizer for the land that there can be met. The breeding procedure EM4 bacteria are as follows: 

Materials and Composition: 

1 liter of bacterial 
3 kg of bran (at least) 
kg sugar / white sugar / sugar drops (select one) 
kg shrimp 
5 liters of water 
Equipment and Facilities: 

Bucket 
Stirrer 
Cooker pot of water 
Bottle storage 
Filter (of cloth or wire netting) 
How to Breeding: 

Heat 5 liters of water to boiling. 
Enter the shrimp paste, bran and sugar cane drops / sugar (if using brown sugar should be destroyed first), then mix well. 
After the average mixture, refrigerate until completely cold! (because if not really cold, the dough can actually kill the bacteria that will be bred). 
Enter the bacteria and stir until blended. Then closed the meeting for 2 days. 
On the third day and then do not be too tight lid and stir every day for about 10 minutes. 
After 3-4 days the bacteria had to be taken with filtered, then stored in open bottles or closed not too tight (to keep bacteria get ari oksigend air). 
Furthermore, the bottles are ready to use bacteria to make compost, liquid fertilizer or green manure mixed with the composition as will be outlined below. 
Note: distillate waste can be to breed again with water to prepare approximately 1 liter and add cold boiled water and sugar only. 

How to Make Liquid Organic Fertilizer 

Materials and Equipment: 

1 liter of bacterial 
5 kg of fresh hijau-hijauan/daun-daun (not the rest and do not use leaves from the sap of trees such as rubber dangerous, pine, resin, neem, and the difficult rotten like jato, bamboo, etc.) 
0.5 kg of paste diluted with enough water 
1 kg sugar / red / drops of sugar cane (select one) and diluted with water 
30 kg of dung 
Enough water 
Bucket / barrel / drum that can be closed tightly 
Making way: 

Animal waste and green leaves put into the bucket. 
Liquid sugar and shrimp paste is inserted into the bucket. 
Dissolve the bacteria into the water and put into a drum, then closed the meeting. 
After 8-10 days, breeding bacteria have been completed and the drum can be opened. 
Strain and put into a clean container (bottle) to be stored / used. 
Residue remaining still contain bacteria filter, reserving about 1 to 2 liters, add water, fish paste, and sugar with the same ratio. After 8-10 days later, bacteria had multiplied again and ready for use. And so on. 
Uses: 

Accelerate the composting from 3-4 months to 30-40 days. 
Can be used directly as fertilizer spray, if the land had been given compost (fertile), but if the soil is less fertile / barren, direct use as fertilizer is not recommended. 
Liquid fertilizer (a solution of bacteria) are not allowed to be mixed with other bacteria, particularly chemicals or materials to other pesticides such as tobacco. 

How to Make Green Organic Fertilizer 

Green fertilizer: organic fertilizer which is made from crops or waste remaining processed with the help of bacteria.

Materials and Composition: 

200 kg of green leaves or kitchen waste. 
10 kg of fine bran. 
kg sugar / brown sugar. 
liter of bacteria. 
200 liters of water or to taste. 
Making way: 

Green leaves or shredded kitchen waste and wetted. 
Combine bran or bran with smooth green leaves. 
Melt brown sugar or brown sugar with water. 
Enter the bacteria into the water. Mix with liquid sugar or brown sugar. Mix well. 
Fluid bacteria and sugar poured on a mixture of green leaf / trash + bran. Stir until smooth, then digundukkan / stacked to a height of 15-20 cm and closed the meeting. 
Within 3-4 days of green manure already made and ready to use. 

So hopefully useful and fast Bangsa Indonesia jaya Amiin

goto top